Apa Kabel OFC Speaker dan Mengapa Beberapa Kabel OFC Memiliki Perak dan Tembaga

Apa Kabel OFC Speaker dan Mengapa Beberapa Kabel OFC Memiliki Perak dan Tembaga

OFC disingkat dari istilah Tembaga Bebas Oksigen dan dikaitkan dengan kabel speaker berkualitas tinggi karena konduktivitas dan keuletannya yang sangat baik.

Info : Sewa Sound System Jakarta

Kabel Oxygen-Free Copper (OFC) adalah tembaga murni yang sangat konduktif yang dilebur dalam kondisi non-oksidasi untuk menghilangkan oksigen dan tembaga yang tidak teralirkan menjadi tembaga murni dengan kadar paling sedikit 99,95% cu dan mengandung tidak lebih dari 0,03% O2. Kemampuan OFC untuk konduktivitas listrik harus melebihi sistem rating material IACS 100%.

Peleburan tembaga dilakukan dalam beberapa tahap hingga mencapai 99% kemurnian. Kemudian tembaga ditempatkan dalam anoda untuk dimurnikan secara elektrolitik ke tingkat setidaknya 99,95% tembaga murni. Setelah menyelesaikan proses yang disebutkan di atas, kabel tembaga kemudian dapat diklasifikasikan sebagai tembaga bebas oksigen.

Definisi IACS adalah singkatan dari International Annealed Copper Standard. Tembaga telah dipilih sebagai standar patokan ketika membandingkan konduktivitas listrik logam, dan merupakan standar pengukuran yang telah diadopsi di seluruh dunia.

Tembaga murni kemudian digunakan untuk memproduksi kabel speaker, seperti nilai OFC 99,95% dan OFC 99,99%. Misalnya, produsen kabel speaker akan mencari tembaga murni sesuai dengan standar yang diketahui masing-masing, seperti standar C10100 dan C10200.

Kabel speaker high-fidelity sangat populer di kalangan penggemar audiophile karena keakuratan sinyal audio, direproduksi dengan sangat baik dengan kabel high-fidelity. Inilah sebabnya mengapa banyak audiophile memilih kabel speaker OFC untuk kabel yang memiliki kesetiaan tinggi dalam sistem audio.

Ada logam lain yang digunakan untuk kabel speaker bersama tembaga di pasar. Ini adalah perak yang kadang-kadang Anda lihat diproduksi dengan perak dan tembaga yang tergabung dalam pasang pasangan speaker OFC kembar.

Perak memiliki konduktivitas listrik tertinggi dan resistensi terendah dari keluarga logam. Oleh karena itu sinyal-sinyal listrik lewat bebas di sepanjang kabel perak sebagian besar tanpa lawan, memberikan pembenaran kepada beberapa audiophile percaya bahwa audio yang ditingkatkan dicapai ketika menggunakan kabel speaker perak. Selain itu kawat perak akan ditujukan untuk konduktor polaritas negatif dan tembaga yang ditujukan untuk konduktor polaritas positif. Namun mayoritas kabel speaker OFC di pasaran menggunakan tembaga untuk konduktor negatif dan positif.

Ukuran aktual (diameter) kabel tembaga biasanya disebut menggunakan sistem pengukuran American Wire Gauge (AWG). Sistem pengukuran AWG banyak digunakan di antara penjual kabel speaker OFC. Selain itu kabel speaker OFC dijual dalam berbagai ukuran AWG, seperti 22AWG, 18AWG, 16AWG, 13AWG, 11AWG, 9AWG, dll.

Produsen seperti SoundLink produsen berbagai ukuran AWG yang disebutkan sebelumnya. SoundLink membangun kabel speaker OFC dengan jaket tembus pandang yang jelas, serta, dalam bentuk kawat bundar dan bentuk kawat datar agar pas di bawah karpet. Kabel speaker OFC yang dirancang datar kemudian dapat diletakkan di dalam mobil untuk sistem audio mobil mereka.

Kesimpulannya, kabel speaker OFC tembaga murni sangat baik dalam mentransmisikan suara audio yang indah ke telinga Anda. Jika Anda memiliki sistem home theatre yang bagus dengan Dolby Digital digital dan speaker berkualitas tinggi maka pasang kabel speaker OFC dan Anda akan kagum.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*